#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Tips Memilih Kurma Terbaik untuk Oleh-oleh dari Tanah Suci

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 15 November 2023, 20:20:28

pasar Kurma.jpg

HIMPUHNEWS - Salah satu oleh-oleh khas Tanah Suci yang biasanya diburu jemaah haji dan umrah adalah kurma. Buah kurma memiliki rasa manis yang khas. Selain itu kurma mempunyai kandungan nutrisi yang banyak dan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Buah kurma juga merupakan hidangan favorit Rasulullah SAW.

Di kitab suci Al Qur'an, kurma adalah buah yang paling banyak disebut. Surah-surah yang menyebut kurma di antaranya seperti Ar-Rad, Maryam, Al-baqarah, Al-Hasyr dan Qaaf. Kurma juga disebutkan dalam banyak hadis Rasulullah.

Dalam surah Al-Ra'du ayat 4 dijelaskan bahwa kurma tumbuh dengan beragam kualitas. Beragam jenis kurma ini menjadi tanda kebesaran Allah yang menciptakan alam dan seisinya.

Dari hadis HR, Al Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa mengonsumsi kurma jenis Ajwa pada pagi hari bisa menangkal racun dan sihir selama sehari penuh. Kurma yang dimaksud adalah kurma jenis Ajwa yang berasal dari Madinah. Sebagian ulama berpendapat bahwa khasiat ini tidak hanya khusus untuk kurma Ajwa, tapi bisa untuk semua kurma yang berasal dari Madinah.

Menurut penelitian, kurma memiliki kandungan nutrisi paling tinggi dibandingkan buah lainnya. Terdiri dari kalori, karbohidrat, lemak rendah, serta serat tinggi tanpa ada kolesterol jahat di dalamnya. Kurma adalah unsur makanan yang paling baik bagi manusia. Julukannya dalam ilmu sains adalah tambang, karena banyak mengandung mineral. Kandungan gizi satu kilo kurma setara dengan dua kilo daging panggang atau tiga kilo ikan.

Di tanah suci, Kurma yang paling terkenal adalah kurma di Madinah, selain karena bentuk nya lebih besar daging buah nya pun lebih kenyal dan kering. Tempat terbaik untuk berburu kurma Madinah berada di pasar kurma (Madinah Dates Market). Letak pasar ini tepat di pusat kota Madinah atau sekitar satu setengah kilometer kearah selatan dari Masjid Nabawi.

Di Pasar Kurma Madinah ini, semua jenis kurma asli Arab Saudi seperti kurma ajwa, kurma khalasah, kurma anbara, kurma safawi, kurma khudri hingga kurma barhi bisa ditemukan. Selain itu, terdapat pula beragam jenis kurma olahan dari mulai cokelat isi kurma, kurma isi kacang, kismis hingga biskuit selai kurma.

Bagi para jemaah yang hendak membeli kurma untuk buah tangan, hendaknya memilih kurma dengan teliti. Karena biasanya beberapa pedagang terkadang menawarkan kurma dengan kualitas yang tidak terlalu baik. Untuk itu, hendaknya perhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Pilihlah buah kurma yang segar dan tidak terlalu berkerut kulit arinya. Kulit ari harus mengilat dan tidak terlalu kering, warnanya seragam, dan tidak pecah-pecah.
2. Jika membeli kurma dalam kemasan, maka perhatikanlah kemasannya. Jangan sampai memilih kemasan yang sudah rusak atau terbuka dan jangan lupa memeriksa juga tanggal kedaluwarsanya
3. Pilihlah buah kurma yang besar. Bukan berarti buah kurma yang kecil itu tidak baik untuk dimakan, hanya saja buah kurma yang sudah kecil biasanya sudah lama mengering.
4. Carilah buah kurma yang tidak lengket saat dipegang. Beberapa pedagang menggunakan trik ini dengan menambahkan madu atau gula cair pada kulit kurma agar terasa manis, atau untuk menutupi rasa buah kurma yang sudah tidak baik lagi kualitasnya.
5. Buah kurma yang masih segar berwarna cokelat kemerahan atau kekuningan. Meski kurma bisa bertahan lama, namun akan lebih baik bila memilih yang masih segar.
Jika bisa sebaiknya dicicipi dahulu, pilihlah kurma dengan tekstur dan daging buah yang empuk dan tidak keras, dan tidak berbau pastinya.
6. Sebaiknya hindari membeli kurma di tempat yang terbuka tanpa adanya penutup kemasan. Debu dan binatang yang menempel pada kulit kurma bisa mengurangi khasiatnya.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id