#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Tiru Visa Schengen, Negara-negara Teluk Segera Miliki Visa Turis Bersama

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 22 November 2023, 08:40:51

IMG_4614.png

HIMPUHNEWS - Pertemuan puncak para pemimpin Dewan Kerjasama Teluk (Gulf Cooperation Council / GCC), yang dijadwalkan bulan depan di Doha, akan mengungkap visa turis bersama yang memungkinkan pemegangnya melakukan perjalanan melintasi enam negara tersebut.

Dilansir dari gulfnews pada Rabu (22/11), Proyek visa bersama ini akan diumumkan pada KTT GCC yang dijadwalkan pada 5 Desember, kata Asisten Sekretaris GCC Abdul Aziz Aluwaisheg kepada Radio Saudi Al Ekhbariya.

Awal bulan ini, para menteri dalam negeri GCC, yang bertemu di Oman, menyetujui visa turis bersama  di antara negara-negara mereka dalam sebuah langkah penting yang ditetapkan untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian mereka.

Aluwaisheg mengatakan proyek tersebut sebelumnya menemui dua kendala, yaitu tidak adanya visa turis di beberapa negara anggota GCC dan pertimbangan keamanan.

Sistem visa turis bersama ini akan seperti visa Schengen dan diharapkan mulai berlaku dalam dua tahun ke depan.

Pada Bulan lalu, Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab (UEA) Abdullah bin Touq Al Marri mengatakan pertemuan para menteri pariwisata GCC di Oman dengan suara bulat mendukung peluncurannya untuk dipresentasikan pada KTT GCC mendatang.

Dia mengatakan kepada Kantor Berita Emirates (WAM) bahwa peraturan dan undang-undang khusus untuk visa tersebut akan dikembangkan, dengan target peluncuran antara tahun 2024 dan 2025, tergantung pada kesiapan sistem internal masing-masing negara GCC.

Al Marri menekankan bahwa sistem visa baru ini akan memberi wisatawan akses ke enam negara di bawah satu visa turis terpadu.

UEA bersiap menyambut arus baru wisatawan asing dengan diperkenalkannya visa terpadu, pejabat itu menambahkan.

Untuk diketahui Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Kawasan Teluk, dibentuk pada tanggal 25 Mei 1981 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (PEA) oleh 6 (enam) negara yaitu PEA, Bahrain, Arab Saudi, Oman, Qatar dan Kuwait. Sekretariat GCC berkedudukan di Riyadh, Arab Saudi.

Anggota GCC terdiri dari Persatuan Emirat Arab (PEA), Bahrain, Arab Saudi, Oman, Qatar dan Kuwait. GCC tidak memiliki mitra wicara secara formal (yang memiliki hak istimewa untuk menghadiri pertemuan-pertemuan GCC). Kemitraan GCC dengan negara/organisasi lain berbentuk kerja sama/hubungan bilateral maupun regional.

Area kerja sama GCC meliputi:

1). Isu ekonomi dan finansial;

2). Commerce, customs, dan komunikasi;

3). Pendidikan dan kebudayaan;

4). Isu sosial dan Kesehatan;

5). Informasi umum dan pariwisata; dan

6). Isu legislative dan administratif.

Khusus pada kerja sama ekonomi dan finansial, GCC telah melakukan upaya integrasi ekonomi kawasan, antara lain, Customs union, Economic citizenship, the convergence of the unification of financial and economic policies, the integration of financial markets in the GCC states, Combatting money laundering and terrorist financing dan Cooperation in the fields of banking.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id