#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

22 Jemaah Garut Ditipu Travel Umrah, Berangkat Cuma Diantar Sampai Terminal Bus

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 04 Desember 2023, 07:08:40

makkah.jpg

HIMPUHNEWS - Kasus penipuan travel umrah kembali terjadi. Kali ini sebanyak 22 jemaah asal Garut, Jawa Barat alami kisah pilu akibat tarvel umrah yang tidak bertanggung jawab.

Bukannnya diberangkatkan ke tanah suci Makkah, 22 orang itu oleh pihak travel hanya dibawa sampai ke Terminal Bus Guntur, Garut, Jawa Barat. Padahal para korban yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut telah mengemasi pakaian hingga barang keperluan di Tanah Suci.

Para korban hanya diberangkatkan sampai Terminal Garut menggunakan bus. Akan tetapi, seluruh tas jamaah kembali diturunkan dari bus karena pihak travel menyatakan gagal berangkat.

Beberapa korban sudah melaporkan kejadian ini ke Mapolres Garut. Polisi kini tengah dalam tahap penyelidikan.

'Betul sudah ada beberapa orang yang melapor, terkait gagal berangkat umrah. Mereka mayoritas warga Kecamatan Pamulihan, tapi jumlahnya kalo tidak salah 22 orang, saya harus cek kembali siapa-siapa saja yag melapor," kata AKP Ari Rinaldo, Kasat Reskrim Polres Garut, Sabtu (2/12/2023).

Polres Garut akan segera mengambil langkah, pasalnya para korban yang kecewa kepada travel umrah telah resmi membuat Laporan Polisi (LP).

"Kita akan segera mengambil langkah, nah untuk travel umrahnya nanti kita periksa dulu ya," ucapnya

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui nama travel umrah yang dimaksud serta kronologis lengkap bagaimana kasus peniupuan ini bisa terjadi.

Tips Menghindari Penipuan Umrah

Karena kasus penipuan umrah yang kerap terjadi, Kementerian Agama selalu mewanti-wanti agar masyarakat teliti dan waspada dalam memilih biro travel umrah. Kementerian Agama sebelumnya juga telah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama mengenai harga referensi umrah sebesar Rp26 juta berdasarkan standar pelayanan minimal. Harga ini menjadi referensi agar masyarakat tidak memilih travel yang menawarkan harga murah.

Selain menetapkan harga referensi, Kemenag juga memberikan tips terhindar dari penipuan travel umrah melalui 5 Pasti Umrah:

Sebelum anda mendaftar Umrah pastikan 5 PASTI ini :

1. Pastikan Travel Berizin Umrah dari Kemennterian Agama RI (Agar terjamin perlindungan, pelayanan dan bimbingan selama di tanah suci),
2. Pastikan Jadwal Keberangkatan dan Penerbangannya (Tiket Harus Pulang - Pergi, dan Hanya 1 kali transit dengan penerbangan yang sama),
3. Pastikan Harga dan Paket Layanannya (Jangan tergiur harga murah),
4. Pastikan Hotelnya (Minimal Hotel Bintang 3),
5. Pastikan Visanya (Visa Minimal sudah jadi 3 hari sebelum keberangkatan)

Dengan 5 Pasti InSha Allah Ibadah Umrah anda Lancar, Aman, dan Nyaman.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id