#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Mengenal Jalur Zubaida, Jalur yang Digunakan Jemaah Haji Masa Lalu

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 20 Desember 2023, 17:28:51

Screen-Shot-2022-06-20-at-8.12.33-PM.png

HIMPUHNEWS - Jalur Zubaida yang sangat terkenal, pernah melayani ribuan peziarah setiap tahun dari Irak dan beberapa bagian Levant (Suriah), menuju tempat-tempat suci.

Jalur yang juga dikenal sebagai rute ziarah Kufi itu membentang lebih dari 1.600 kilometer dari Kufah di Irak, melalui Wilayah Perbatasan Utara Arab Saudi dan ke Makkah.

Dilansir di Arab News, jalur kuno tersebut dulunya merupakan jalur perdagangan umum di era pra-Islam. Selanjutnya, rute tersebut dimanfaatkan oleh jamaah haji setelah penyebaran Islam.

Jejak perjalanan itu melewati gurun di barat daya Kerajaan Saudi dan benar-benar melewati lima wilayah, yaitu, Perbatasan Utara, Salam, Qassim, Madinah, dan Makkah. Saat ini, Jalur Zubaida masuk daftar Program Penjaga Dua Masjid Suci untuk Perawatan Warisan Budaya.

Proyek ini dilaksanakan oleh Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Saudi dalam kerangka inisiatif Program Transformasi Nasional. Jalur Zubaida menjadi salah satu rute ziarah dan komersial terpenting selama Era Abbasiyah antara tahun 750 dan 1258.

Saat itu, jalur ini menjadi penghubung antara Baghdad, Dua Masjid Suci, serta wilayah Arab lainnya. Rute tersebut diberi nama sesuai dengan istri Khalifah Abbasiyah Harun Al Rashid, Zubaida Bin Jaafar, yang berkontribusi pada pembangunannya.

Jalur ini memiliki 27 pos, dimana masing-masing pos dipisahkan sejauh 50 Km. Tak hanya itu, terdapat pula pos sekunder atau perhentian peristirahatan. Seiring waktu, rumah dan fasilitas lainnya dibangun di sepanjang jalan setapak ini.

Tersedia sebuah penanda di jalan yang memandu jamaah haji menuju kolam pengumpulan air. Kolam ini didirikan di lokasi tertentu untuk memastikan jamaah memiliki akses menuju mata air.

Beberapa pos penting yang ada di jalan setapak ini memiliki sejumlah kolam, di antaranya Al-Dhafiri, Al-Amya, Al-Thulaimiya, Al-Jumaimiyah, Zabala, Umm Al-Asafir, Hamad dan Al-Ashar. Otoritas Saudi telah berusaha memasukkan Jalur Zubaida ini di antara 10 situs warisan paling signifikan Kerajaan Saudi, yang ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id