#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Membuat Iqomah Bagi Ekspatriat Di Arab Saudi

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 28 Desember 2023, 06:57:19

ksa-life-with-visa.jpg

HIMPUHNEWS - Seorang yang tinggal menetap Arab Saudi, harus membuat izin tinggal permanen (Hawwiyah Muqim) atau yang biasa disebut dengan “Iqamah.”

Iqamah diperlukan bagi ekspatriat dan keluarganya yang ingin menetap dalam jangka waktu tertentu, seperti untuk bekerja, sekolah atau ikut tinggal sebagai anggota keluarga (dependent).

Adapun bagi pendatang ke Arab Saudi dengan tujuan wisata, umrah atau haji, iqamah tidak diperlukan.

Iqamah adalah dokumen yang sangat penting di Arab Saudi. Ini dikarenakan semua transaksi yang akan dilakukan oleh warga asing yang menetap di Arab Saudi seperti sewa rumah, membuat SIM, sewa mobil, membeli kendaraan, membuka rekening bank, menginap di hotel, berhaji dan lain-lainnya, semuanya menggunakan Iqamah.

Tanpa dokumen ini, kita akan kesulitan sekali untuk hidup dan tinggal apalagi jika bersama keluarga kita.

Saat ini setiap pemegang iqamah diizinkan mengundang keluarganya untuk tinggal sementara di Arab Saudi dengan visa kunjungan keluarga (family visit visa).

Tetapi untuk mengundang dan menetap di Arab Saudi, tidak semua pemegang iqamah diizinkan. Hanya beberapa profesi yang dapat memenuhi syarat untuk membawa keluarga tinggal bersama di Saudi.

Secara umum iqamah akan diurus oleh sponsor (majikan) atau perusahaan tempat ekspatriat bekerja. Ekspatriat akan diminta medical check up terlebih dulu sebelum memproses ke Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi. Foto dan data di iqamah adalah data yang terekam saat kedatangan pertama kali di bandara Saudi.

Di era digital saat ini, semua proses pembuatan iqamah diajukan secara online oleh sponsor dan selesai dalam hitungan hari. Biayanya juga menjadi tanggung jawab pihak penyedia kerja.

Setelah iqamah rilis, ekspatriat harus membuat akun Absher dan Nafath. Absher merupakan layanan online yang dibuat Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Dengan aplikasi ini, pemilik akun Absher akan dipermudah dalam layanan berbagai macam dokumen negara, seperti merilis tasreh haji, visa exit re-entri, perpanjangan iqomah, surat izin mengemudi, termasuk memeriksa apakah ada tunggakan yang harus dibayarkan karena pelanggaran atau tanggungan lainnya.

Untuk mempermudah pembuatan akun absher, Imigrasi Arab Saudi telah mempermudah dengan menyediakan mesin khusus yang ditempatkan di beberapa lokasi perbelanjaan, seperti mall dan hypermarket ternama.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id