#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Lebih dari 2 Juta Jemaah Haji Jalani Sunnah Tarwiyah di Mina, Saudi Klaim Pergerakannya Lancar

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 15 Juni 2024, 06:14:47

FotoJet (22).jpg

HIMPUHNEWS - Lebih dari 2 juta jamaah haji dari berbagai penjuru dunia telah menjalani sunnah Tarwiyah di Mina pada Jumat (15/6/2024), sehari jelang pelaksanaan puncak haji di Arafah.

Kerajaan Arab Saudi mengklaim proses pergerakan jemaah haji di Hari Tarwiyah berlangsung lancar, baik saat dari Makkah ke Mina, maupun saat dari Mina menuju Arafah.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengerahkan lebih dari 34.000 dokter, perawat, apoteker, dan staf administrasi untuk memastikan kesejahteraan para jamaah.

Terdapat juga 730 ambulans serta tujuh helikopter ambulans udara untuk memberikan bantuan medis dan mengangkut jemaah ke salah satu dari 189 rumah sakit khusus, pusat kesehatan, dan klinik keliling. 

Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan bahwa sejak 7 Juni, pusat kesehatannya telah melakukan 180 operasi jantung terhadap jamaah dan lebih dari 470 jamaah telah menjalani cuci darah. 

Hingga Selasa, lebih dari 70.000 jamaah telah mendapatkan manfaat dari layanan medis yang disediakan oleh kementerian, katanya. 

Dengan suhu yang meningkat hingga 43 derajat Celcius di beberapa daerah, Kementerian Kesehatan mengimbau seluruh jamaah untuk menggunakan payung agar melindungi diri dari panas matahari dan minum banyak air. 

Sementara itu, Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah kembali mengingatkan pentingnya penggunaan smart card haji atau kartu nusuk.

"Kartu Nusuk bisa membantu kami dalam mengidentifikasi jamaah resmi, yang menampilkan identitas pribadi dan informasi tentang akomodasi mereka di tempat suci. Membawa kartu tersebut wajib bagi semua pengunjung selama periode haji," pungkas ," tutur Tawfiq. 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id