#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Kemlu Upayakan Bahan Baku Katering Jemaah Haji Dikirim dari Indonesia

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 06 September 2024, 10:22:56

1687052564.jpg

 

HIMPUHNEWS - Menteri Luar Negeri Retno  Marsudi mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri (Kemlu)  selalu berupaya untuk mendukung Kementerian Agama (Kemenag) dalam proses Penyelenggaraan ibadah haji.

Menlu Retno menuturkan bahwa setiap tahunnya, Kemlu selalu dilibatkan dalam persiapan haji dan umrah sebagai perantara komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi.

Hal ini disampaikan Retno merespons pertanyaan anggota Komisi I DPR Andi Najmi Fuadi soal peran Kementerian Luar Negeri yang dapat diperluas dalam konteks penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

“Jadi kami memang terlibat di dalam rapat-rapat persiapan untuk Haji dan Umrah. Tapi sekali lagi penjurunya adalah Kementerian Agama. Kita mendukung atau memfasilitasi terutama dari sisi komunikasi,” kata Retno dalam rapat dengar pendapat bersama DPR RI pada Kamis (05/09.

“Dalam urusan Haji Umroh kami juga terlibat di dalam persiapannya terutama dalam memfasilitasi komunikasi dengan pihak setempat,” tambah Retno.

Retno mengatakan, Kemlu juga terlibat dalam menyiapkan katering jemaah haji agar bisa menggunakan bahan baku yang berasal dari Indonesia.

“Kita juga terlibat misalnya dalam pengadaan katering yang sedapat mungkin juga sebanyak mungkin menggunakan makanan atau bahan-bahan dari Indonesia,” katanya.

Retno juga mengakui, mengurus jemaah haji dan umrah di Arab Saudi bukanlah pekerjaan mudah. Meskipun Kemlu tidak mengambil peran sentral dalam pengurusan ini.

“Kami tahu ini bukan hal yang mudah mengatur, me-manage pergerakan ratusan ribu jemaah dari Indonesia ke Tanah Suci dan di sananya juga berkumpul dengan lebih dari 2 juta umat yang ada di sana,” katanya.

Diketahui, pemerintah sendiri selalu berupaya menyediakan katering dengan cita rasa nusantara. Dan mulai penyelenggaraan haji tahun 2024 katering Jemaah haji mulai menggunakan bumbu asal Indonesia. Tak tanggung-tanggung, pemerintah langsung mendatangkan sebanyak 70 ton bumbu dari tanah air untuk digunakan sebagai bahan masakan katering Jemaah haji.

Ada delapan jenis bumbu yang didatangkan dari Indonesia, yaitu rendang, gulai, nasi kuning, nasi uduk, semur, sambel goreng, bumbu merah, dan bumbu dasar kuning.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id