Bertemu Menteri Haji, Garuda Indonesia Mantapkan Komitmen Layanan Haji
HIMPUHNEWS – Direktur Utama Garuda Indonesia, Wamildan Tsani, memastikan maskapai pelat merah itu terus memperkuat peranannya dalam mendukung kelancaran ibadah haji. Hal ini ditegaskan usai pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah, KH Mochamad Irfan Yusuf Hasyim, Kamis (18/9).
Pertemuan tersebut disebut menjadi titik awal persiapan Haji 2026. "Ini merupakan langkah awal yang penting, menyambut persiapan Haji 2026," ungkap Wamidlan.
Wamildan menjelaskan, langkah ini sejalan dengan visi Presiden Prabowo Subianto untuk menghadirkan tata kelola haji yang lebih efisien dan ramah jamaah.
"Garuda Indonesia telah menjadi bagian dari perjalanan ibadah dari jutaan jemaah, dari generasi ke generasi, memegang peran strategis dalam memastikan mobilisasi jamaah berjalan aman, lancar, dan penuh keberkahan," ujarnya.
Ia menegaskan Garuda tak hanya fokus pada aspek transportasi, tetapi juga inovasi layanan serta efisiensi operasional yang berkelanjutan melalui kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.
Catatan Kinerja Positif
Dalam penyelenggaraan Haji 2025, Garuda Indonesia sukses mencatatkan peningkatan kinerja layanan. Salah satu indikatornya adalah on time performance (OTP).
"Bahkan di empat debarkasi, mencatatkan OTP yang sempurna yakni 100 persen. Keempat debarkasi yang dimaksud adalah Balikpapan, Banda Aceh, Lombok, dan Medan. Saat fase keberangkatan, Garuda Indonesia mencatatkan OTP sebesar 96,4 persen," bebernya.
Secara keseluruhan, OTP kumulatif pemberangkatan dan pemulangan jemaah tahun ini mencapai 96,2 persen. Angka ini jauh melampaui pencapaian 2024 yang hanya 77,6 persen, maupun musim haji 2023 yang tercatat 84,92 persen.
"Keberhasilan Garuda Indonesia meningkatkan kualitas layanan penerbangan haji pada tahun ini, merupakan kerja sama dari seluruh lini operasional perusahaan," kata Wamildan.
Selama lebih dari 70 tahun, Garuda Indonesia telah dipercaya menjadi bagian dari perjalanan spiritual jamaah haji asal Tanah Air. Dengan rekam jejak tersebut, Wamildan menegaskan perusahaan akan terus menjaga reputasi sebagai maskapai yang mengutamakan keamanan, ketepatan waktu, dan pelayanan prima bagi jamaah.
Mohon untuk memberikan komentar dengan jelas, sopan, dan bijaksana
Segala tulisan di ruang publik dapat meninggalkan jejak digital yang sulit dihilangkan
Segala tulisan yang memberikan sentimen negatif terkait SARA, ujaran kebencian, spamming, promosi, dan berbagai hal yang bersifat provokatif atau melanggar norma dan undang-undang dapat diproses lebih lanjut sesuai undang-undang yang berlaku