#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Menag Yaqut: Peluang Dapatkan Kuota Haji Tambahan Masih Ada

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 13 Januari 2023, 18:42:40

Yaqut Cholil Q.jpg

HIMPUHNEWS - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas beserta rombongan tim Misi Haji Indonesia telah kembali mendarat di Tanah Air.

Harapan untuk membawa kuota haji tambahan hingga kini belum berhasil diwujudkan. Meski begitu, Menag Yaqut menyatakan, bahwa pihaknya akan tetap mengupayakan agar tambahan itu bisa didapatkan.

“Kita masih terus berikhtiar agar mendapat tambahan kuota. Komunikasi dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah Saudi terus dilakukan. Insya Allah peluang penambahan masih ada,” kata Menag Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/1/2023).

Kuota haji Indonesia pada tahun 2023 telah ditetapkan sebesar 221.000 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

Lebih lanjut, Menag Yaqut mengungkapkan, pihaknya akan mempercepat penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2023.

“Kita juga akan segera mempersiapkan rapat kerja dengan Komisi VIII DPR. Sebab, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji juga harus segera ditetapkan agar jemaah bisa segera melakukan pelunasan. Insya Allah raker dengan Komisi VIII DPR dijadwalkan 19 Januari 2023,” tuturnya.

Selain biaya haji, lanjut Menag Yaqut, rapat koordinasi internal dan rapat kerja dengan Komisi VIII juga akan membahas pemanfaatan kuota, khususnya bagi jemaah lansia. Maklum, pada tahun 2022, banyak jemaah lansia yang tertunda keberangkatannya karena aturan pembatasan umur.

Selain itu, banyak juga jemaah lunas tunda yang belum berangkat karena pembatalan keberangkatan pada musim haji 2020 dan 2021.

“Alhamdulillah tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia sehingga jemaah lansia juga bisa berangkat,” tegasnya.

“Saya sudah meminta kepada seluruh jajaran Ditjen PHU untuk mempersiapkan beragam skema dan mekanismenya sejak awal, termasuk mempersiapkan para petugas yang profesional dalam memberikan layanan kepada jemaah,” pungka Menag Yaqut.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id