#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

AlUla Dinobatkan Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia oleh UNWTO

Kategori : Berita, Topik Hangat, Destinasi, Ditulis pada : 15 Maret 2023, 21:58:27

FotoJet (48).jpg

HIMPUHNEWS - AlUla sebuah kota tua di Arab Saudi dinobatkan sebagai desa wisata terbaik dunia oleh United National World Tourism Organization (UNWTO).

Dilansir dari Arab News pada Rabu, (15/3/2023), penghargaan itu diberikan dalam acara yang diselenggarakan oleh UNWTO di Maraya Concert Hall. Dalam kegiatan itu, setidaknya ada 32 lokasi yang juga menerima penghargaan dalam bidang pariwisata.

Menteri Pariwisata Saudi, Ahmed Al-Khateeb mengatakan bahwa desa-desa yang diberikan penghargaan oleh UNWTO dinilai dari komitmen kuat terhadap keberlanjutan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang digagas PBB, untuk terus merangkul pengembangan pariwisata melalui prinsip transformatif dan positif.

FotoJet (49).jpg

Tujuan utama dari program ini adalah untuk mendukung masyarakat lokal, khususnya desa, untuk menciptakan pendapatan bagi masyarakat melalui pekerjaan baru, pendidikan, inovasi, dan investasi.

Kota Tua AlUla sendiri dinobatkan sebagai desa wisata terbaik karena memenuhi kriteria yang ditentukan dengan menawarkan 900 rumah, 500 toko, dan lima alun-alun kota.

Sementara itu CEO Royal Commission untuk AlUla, Amr Al-Madani, menyebut pihaknya akan terus mengembangkan inovasi untuk terus meningkatkan sektor wisata di AlUla.

“Kami akan membuatnya [AlUla] lebih inovatif, lebih inklusif, dan tidak ada sektor yang lebih baik selain pariwisata yang dapat membantu mencapai hal ini." ungkapnya.

“Orang-orang pintar, mereka pernah tinggal di sini. Bagaimana menciptakan kekayaan, bagaimana menciptakan pertanian yang tepat? Faktanya, terkadang kami para pembuat keputusan dapat memperoleh manfaat dari sedikit lebih banyak pelatihan dari masyarakat setempat.

Sekretaris Jenderal UNWTO, Zurab Pololikashvili mengatakan bahwa tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk mendukung masyarakat lokal, khususnya desa, untuk menciptakan pendapatan bagi masyarakat melalui pekerjaan baru, pendidikan, inovasi, dan investasi.

“Kami sangat senang bahwa kami memiliki lebih dari 40 negara yang datang. Duta besar, menteri, perwakilan desa, walikota, serta sektor swasta." ungkap Pololikashvili.

"Itu berarti pariwisata memiliki kekuatan untuk menyatukan orang, untuk menyatukan negara. Dan saya yakin bahwa setelah hari-hari ini kami akan mendapatkan hasil yang sangat baik dan kami akan memiliki lebih banyak desa terbaik dalam dua atau tiga tahun ke depan.” tambahnya.

Menurutnya, sejak pra-pandemi 2022 lalu, UNWOTO mencatat bahwa sektor pariwisata internasional pulih hingga 63 persen.

“Kami bekerja sama dengan gubernur setempat dan pemerintah daerah untuk membantu menciptakan destinasi baru dan lama, serta menciptakan lapangan kerja baru," pungkasnya.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id