#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

HIMPUH Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pengurus Periode 2024-2028

Kategori : Kegiatan, Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 30 Agustus 2024, 10:19:24

WhatsApp Image 2024-08-30 at 11.18.01.jpeg

HIMPUHNEWS - Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) menggelar pelatihan kepemimpinan terhadap kepengurusan periode 2024-2028 di Sentul, Bogor pada Kamis-Sabtu (29-31/08/2024).

Mengusung tema 'Sinergi Membangun Himpuh yang Profesional', pelatihan ini digelar sebagai upaya untuk memberikan bekal kepada para pengurus berupa pengetahuan, keterampilan, hingga awareness yang dibutuhkan untuk memberikan layanan terbaik bagi para anggota dan juga jemaah haji umrah.

"Jadi ini merupakan salah satu program kerja kami dibidang organisasi untuk melaksanakan pelatihan khusus untuk pengurus dan sekretariat. Kita berharap melalui pelatihan ini selain bisa meningkatkan keakraban dan solidaritas di kepengurusan, juga kedepan mampu bisa meningkatkan service kepada anggota kita, memberi bimbingan dan mendampingi mereka jika butuh bantuan," kata Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi HIMPUH Teddy Cahyadi ditemui himpuhnews disela-sela pelatihan.

Teddy mengatakan ada tiga materi yang akan diberikan pada pelatihan pertama dikepengurusan ini yakni pelatihan leadership, service excellence, dan juga team building.

"Pelatihan leadership bertujuan untuk memberi  pemahaman yang lebih baik baik anggota tentang peran dan tanggung jawab seorang pemimpin, serta keterampilan yang diperlukan untuk memimpin dengan baik. Di sisi lain, tujuan pelatihan leadership ini juga termasuk menciptakan budaya kerja yang positif, meningkatkan kinerja tim, dan mencapai tujuan asosiasi ini secara bersama-sama," ujar Teddy.

Sementara melalui pelatihan service excellent, diharapkan para pengurus dapat memberikan layanan yang baik tidak hanya kepada anggota namun juga kepada jemaah haji dan umrah.

"Jadi intinya ini untuk membangun awareness atau kesadaran untuk memberikan layanan yang baik, membangun hubungan yang baik dengan anggota dan jemaah sehingga bisa terbangun asosiasi yang solid dan kuat kedepannya yang juga siap dan sigap dalam melayani," jelas Teddy.

Sebelumnya, Teddy menuturkan bahwa sejalan dengan pelatihan ini, HIMPUH juga tengah membuka pendaftaran keanggotaan baru. Namun untuk saat ini, PIHK masih menjadi prioritas untuk direkrut. "Kenapa diprioritaskan PIHK? Karena penyelenggaraan haji ini cukup rumit dengan segala mekanisme dan dinamikanya. Juga haji ini kan panjang waktunya jika diambil dari program awal sampai akhir itu kurang lebih 60 hari. Makannya itu kan harus kita kawal anggota, takut ada apa-apa. Selain itu PIHK itu berdasarkan aturan Kementerian Agama juga Wajib join Asosiasi. Bahwa jika PPIU mau naik kelas jadi PIHK itu persyaratannya harus ada rekomendasi asosiasi. Makannya sekarang kita prioritaskan untuk rekrut," ujar Teddy.

Adapun kriteria anggota yang dicari, Teddy menyebut setidaknya ada tiga poin utama yang harus dipenuhi; Pertama, PPIU dan PIHK tidak pernah melakukan pelanggaran hukum. Kedua, tidak tercatat sebagai travel hitam atau bermasalah di Kementerian Agama dan terakhir memenuhi kelengkapan administratif.

"Jadi kita ini ingin jadi asosiasi yang terus maju dan berkembang, jadi asosiasi yang naik kelas lah. Makannya kita sangat selektif dalam hal rekrutmen ini," papar Teddy.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id