#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Meningitis Tersedia untuk Jemaah Umrah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 14 Juli 2024, 09:50:09

FotoJet (51).jpg

HIMPUHNEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan stok vaksin meningitis tersedia bagi calon jemaah umrah yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menegaskan bahwa kewajiban vaksin meningitis bukan aturan atau inisiatif yang dibuat oleh Kemenkes, namun berdasarkan ketentuan dari Kerajaan Arab Saudi. Kemenkes mengklaim sudah berkomunikasi dengan Kerajaan Arab Saudi.

Kemenkes berharap seluruh pihak yang terkait, mematuhi aturan tersebut.

"Kasihan kalau jamaah nanti ditolak (masuk Arab Saudi)," kata Nadia di Jakarta pada Sabtu (13/7/2024).

Dia juga memastikan bahwa stok vaksin untuk kegiatan vaksinasi meningitis tersedia. Begitupun untuk ketentuan administrasinya. Selama ini, keterangan vaksinasi meningitis jamaah umrah maupun haji tertera pada kartu kesehatan.

Sesuai dengan warnanya, kartu kesehatan itu sering disebut kartu kuning. Nadia mengatakan Kemenkes sudah memiliki aplikasi Satu Sehat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan stok kartu kuning itu. 

Dia menegaskan aturan tersebut sudah dikomunikasikan dengan pemerintah Arab Saudi. Nadia juga mengatakan, suntik vaksin meningitis di fasilitas kesehatan milik pemerintah sudah ada ketentuan harganya. Yaitu mengacu pada tarif Badan Layanan Umum (BLU) atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ditentukan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Sesuai dengan namanya, vaksinasi meningitis adalah jenis vaksin yang dirancang khusus untuk mencegah infeksi meningitis. Penyakit ini adalah peradangan pada selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang atau meninges.

Vaksin meningitis ini aktif setelah sepuluh hari dari penyuntikan.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id