#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Kemenag Masih Kaji Aturan BPJS Kesehatan Jadi Syarat Haji

Kategori : Berita, Ditulis pada : 22 Februari 2022, 22:07:44

Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) No 1 Tahun 2022 yang mensyaratkan BPJS Kesehatan untuk pelaksanaan haji dan umroh. Terkait hal tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan masih mengkaji hal tersebut.

"Kita masih mengkajinya," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag Hikman Latief dalam pesan yang diterima Republika, Senin (21/2).

Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 berisi tentang Optimalisasi Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Beleid ini dikeluarkan di Jakarta tanggal 6 Januari 2022.

Dalam poin ke-5 huruf a hingga c, Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Agama agar seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji dan umroh memegang keanggotaan BPJS Kesehatan. "Mensyaratkan calon jamaah umroh dan jamaah haji khsusus merupakan peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional," tulis aturan tersebut.

Tak hanya itu, Jokowi meminta Menteri Agama (Menag) mengambil langkah agar pelaku usaha dan pekerja pada penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) dan penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) untuk menjadi peserta aktif dalam program JKN. Terakhir, Yaqut diinstruksikan untuk memastikan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkungan Kementerian Agama sebagai peserta BPJS Kesehatan.

"Memastikan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan baik formal maupun nonformal di lingkungan Kementerian Agama merupakan peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional," lanjutan Inpres tersebut.

 

 

(ihram.co.id/ICA)

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id