#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Indonesia Market, Pusat Perbelanjaan Produk Indonesia Resmi Dibuka di Riyadh

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 29 November 2023, 15:48:54

Indonesia Market.jpg

HIMPUHNEWS - Bagi warga indonesia yang tengah menetap di Arab Saudi dan kangen dengan produk Indonesia, jangan khawatir. Karena sekarang Pusat Perbelanjaan retail Indonesia Mart sudah resmi dibuka di Riyadh Arab Saudi tepatnya di kawasan Umm Al Hamam.

Toko yang menjual beragam produk Indonesia ini diresmikan sejak Kamis 23 November lalu oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto bersama Duta Besar RI Riyadh Abdul Aziz.

Suhanto menyampaikan dukungan penuh atas pembukaan toko-toko Indonesia di luar negeri, khususnya di Arab Saudi. Dengan makin banyak gerai distribusi produk Indonesia, hal tersebut akan turut mendorong promosi dan peningkatan ekspor produk-produk Indonesia.

‘’Indonesia market ini merupakan supermarket pertama di Riyadh yang khusus menjual produk-produk Indonesia,’’ujar Suhanto seperti dilansir dari laman Kementerian Perdaganang RI.

Suhanto menekankan perlunya percepatan proses perjanjian dagang Indonesia dengan Arab Saudi dalam rangka meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia di pasar Arab Saudi.

Ia menuturkan dengan adanya Indonesia Market ini berarti memiliki peran untuk memenuhi kebutuhan baik para jemaah haji dan umrah, warga Indonesia yang menetap di Arab Saudi hinggamasyarakat dunia lainnya dalam mendapatkan produk non migas Indonesia, salah satunya produk makanan olahan.

‘’Dengan dilakukannya grand opening Indonesian Market di Riyadh ini, saya optimis memilki harapan besar produk – produk ekspor Indonesia yang berkualitas dapat terus meningkat keberadaanya di pasar Arab Saudi, khususnya melalui penjualan langsung seperi Indonesian Mart,’’kata Suhanto.

Suhanto menambahkan Arab Saudi merupakan salah satu mitra dagang strategis bagi Indonesia. Begitu strategisnya Arab Saudi sebagai mitra dagang Indonesia, Indonesia pun mempunyai kepentingan untuk meningkatkan kinerja ekspor non migas ke negara di Timur Tengah tersebut.

‘’Dukungan untuk meningkatkan ekspor non migas ke Arab Saudi, karena Indonesia menilai Arab Saudi sebagai mitra dagang stategi No 23 Indonesia yang dibuktikan dengan kinerja ekspor non migas ke negara tersebut terus meningkat. Hal ini dapat dilihat kinerja ekspor non migas Indonesia ke Arab Saudi pada priode Januari-Juli 2023 mengalami kenaikan 9,81 persen," papar Suhanto

Menurutnya Arab bagi Indonesia merupakan salah satu mitra dagang strategis, khususnya untuk produk makanan olahan Indonesia, Arab Saudi menempati posisi ke 8 sebagai negara tujuan ekspor makanan olahan Indonesia antara lain tuna kaleng, mi instan, saus sambal, kecap serta biskuit dan wafer.

Suhanto memaparkan bahwa keberhasilan dalam meningkatkan nilai ekspor non migas Indonesia ke Arab Saudi ini berkat kerja keras semua pihak, yaitu keberhasilan bersama KBRI, Kementerian Perdagangan, para Dispora Indonesia di Arab Saudi dan para importir yang telah loyal mengimpor produk-produk Indonesia.

Sementara itu, Duta Besar Abdul Aziz mengapresiasi peran Diaspora Indonesia yang menjadi salah satu elemen penting dalam mempromosikan produk-produk Indonesia di Arab Saudi, salah satunya dibuktikan melalui pembukaan Indonesia Mart di Riyadh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Biro Keuangan, Endang Mulyadi; Kepala Biro Umum, Yan Triono; Atase Perdagangan RI Riyadh, Gunawan; Kepala ITPC Jeddah, Bagas Haryotejo; dan Wakil Kepala ITPC Jeddah, Muhammad Fadhel Jamali.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id