#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Masjid Nabawi Menjamu Lebih dari 6 Juta Jemaah Pekan Lalu

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 26 Februari 2024, 11:15:02

4246071-100597556.jpg

HIMPUHNEWS - Otoritas Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengumumkan bahwa Masjid Nabawi menyambut total 6.000.247 pengunjung pada minggu lalu, sebuah pencapaian yang difasilitasi oleh layanan berkualitas tinggi yang memungkinkan jamaah dapat melaksanakan ibadah dengan lancar.

Dilansir dari kantor berita Saudi SPA pada Minggu (25/02), Statistik yang dikeluarkan otoritas menunjukkan bahwa 647.790 orang mengunjungi makam Nabi Muhammad. Selain itu, 298.397 pengunjung melaksanakan salat di Al-Rawdah Al-Sharifa, mengikuti prosedur organisasi yang mengatur pergerakan massa dan menetapkan waktu salat khusus untuk pria dan wanita.

Pihak berwenang juga melaporkan bahwa 16.506 orang lanjut usia dan penyandang disabilitas dapat menggunakan kereta listrik yang disediakan untuk memudahkan akses mereka ke Masjid Nabawi, sementara 114.532 pengunjung mendapat manfaat dari layanan bimbingan, yang membantu mereka dalam menjelajahi berbagai pameran, museum, dan area lainnya.  Sebanyak 147.735 pengunjung memanfaatkan layanan penerjemahan, dan 12.205 mencari informasi di perpustakaan Masjid Nabawi.

Lebih dari 5.400 orang mengunjungi pameran dan museum, sementara 30.140 orang menggunakan jasa transportasi. Selain itu, 146.429 hadiah – termasuk salinan Al-Qur’an, payung, sajadah, pembakar dupa, bunga dan permen – ditawarkan kepada pengunjung.

Lebih dari 160.000 botol air Zamzam disalurkan kepada pengunjung, dan 142.007 makanan berbuka puasa dibagikan di koridor masjid yang diperuntukkan bagi jamaah yang sedang berpuasa.

Otoritas mengatakan untuk memberikan kenyamanan para peziarah pihaknya telah mengintensifkan layanan termasuk pekerjaan desinfeksi dan pembersihan, pengelolaan kerumunan orang yang masuk dan keluar masjid, dan bantuan kepada pengunjung yang cacat fisik dan lanjut usia.

Ruang salat khusus dan jalan setapak yang dapat diakses tersedia bagi jamaah lansia saat mengunjungi Al Rawda Al Sharifa.

Lantai diberi pewangi dan permadani disterilkan dengan bahan ramah lingkungan untuk menyediakan lingkungan yang aman dan sehat, badan negara menambahkan.

Selain itu, wadah berisi air Zamzam yang diberkahi tersebar di seluruh masjid, sehingga mudah diakses oleh jamaah.

Masjid Nabawi juga menyediakan layanan Inquire about Madinah atau Pusat 'Penyelidikan Tentang Madinah'. Sebuah layanan luar biasa yang didedikasikan untuk membuat pengalaman pengunjung di Masjid Nabawi tak terlupakan. Dengan stafnya yang siap membantu, pusat ini memberikan panduan dan bantuan yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan setiap pengunjung dan menjawab pertanyaan mereka dengan sangat hati-hati.

Ketersediaan dan komitmen pusat ini juga hadir selama 24/7 dalam menyediakan pilihan transportasi bagi pengunjung lanjut usia dan penyandang disabilitas dalam keadaan darurat menunjukkan dedikasi mereka yang tak tergoyahkan terhadap layanan terbaik.

Para Staff berusaha untuk memastikan bahwa pengunjung memiliki akses ke semua landmark penting, museum, dan masjid budaya di wilayah tersebut, menjadikan masa tinggal mereka di Madinah sebuah pengalaman yang mencerahkan dan memperkaya. Mereka membantu pengunjung dengan informasi antara lain tentang waktu berkunjung ke Rawdah Mulia, Museum Biografi Nabi, dan Peradaban Islam.

Untuk memberi kemudahaan bagi jemaah luar negeri 'Inquire about Madinah' ' merekrut Staff yang fasih berbahasa Arab, Inggris, Urdu, Indonesia, Persia, dan Turki.

Para Staf akan bergabung dibawah tim multimedia yang siap menjawab pertanyaan tentang Rawdah, Pameran Internasional, Museum Biografi Nabi dan Peradaban Islam, serta situs-situs lain di Madinah.

Selain itu, pusat tersebut, yang beroperasi sepanjang waktu, menyediakan informasi tentang transportasi ke dan dari tempat-tempat penting di kota suci tersebut – termasuk kendaraan dan bantuan darurat untuk orang lanjut usia dan penyandang disabilitas – serta museum dan masjid bersejarahnya.

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id