#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Giliran DIY Luncurkan Program Manasik Sepanjang Tahun

Kategori : Berita, Ditulis pada : 26 Desember 2019, 17:35:54

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan Program Manasik Haji Sepanjang Tahun. 

Baca Juga

Kegiatan ini akan memberikan pendampingan manasik kepada calon jamaah yang bertujuan memberikan bekal pengetahuan haji secara optimal.

Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI, Khoirizi H Dasir, mengapreasiasi diluncurkannya Manasik Haji Sepanjang Tahun dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang digelar di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta, Kamis (26/12). 

"Secara terbuka saya sampaikan Yogyakarta adalah pioner program Manasik Haji Sepanjang Tahun, semoga dapat ditiru wilayah lainnya," katanya melalu keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (26/12).  

Menurutnya, program ini penting karena ditinjau dari segi ibadah bagi jamaah haji sesungguhnya manasik adalah yang utama. Selama ini terkadang semua terlalu sibuk terkait hotel, layanan, dan makanan. "Tetapi melupakan pentingnya segi ibadah haji bagi jamaah," ujarnya.   

Khoirizi menyampaikan, indeks kepuasan jamaah terkait ibadah mencapai 87,77 persen. Sementara sisa dari persentase itu menjadi tanggung jawab bersama. 

Dia menilai dengan program manasik haji sepanjang tahun akan dapat memandirikan dan meningkatkan pengetahuan bagi jamaah. Selama ini yang telah berjalan 10 kali manasik yang dilakukan masing-masing delapan kali di KUA ditambah dua kali tingkat kabupaten/kota.  "Tentu hal ini belum memadai," katanya.  

Di sisi lain, Khoirizi menyampaikan, tantangan lain dalam penyelenggaraan haji yaitu 60 persen jamaah adalah usia lanjut. Untuk itu pembinaan kesehatan bisa dilakukan sembilan bulan jelang keberangkatan. 

Dia juga mengingatkan, pada 2020 tugas layanan haji semakin berat. Jika kuota jamaah 250 ribu, apa  mampu mengatur jamaah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina? “Nanti jamaah bisa menjadi korban karena fasilitas di sana terbatas,” tutur dia.  

Untuk itu, pihaknya meminta agar ada sinergi antara Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dengan Kemenag. Sinergi ini harus berjalan dalam satu alur yang jelas.   

photo
Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan Program Manasik Haji Sepanjang Tahun. Kegiatan ini akan memberikan pendampingan manasik kepada calon jamaah yang bertujuan memberikan bekal pengetahuan haji secara optimal.

"Mulai saat ini, misalnya, sudah dapat memetakan profil jamaah calon haji,” lanjut Khoirizi seraya menyebut peran serta dari Pemerintah Daerah turut menentukan keberhasilan penyelenggaraan haji. 

Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan menjelaskan jika program manasik haji sepanjang tahun akan dilakukan tiap Jumat. “Kita namai Jumat Manasik dengan harapan mendapat berkah dari sayyidul ayyam,” terangnya. 

Dia menjelaskan, program ini dimulai pukul 13.30 hingga 16.30 WIB. Target minimal 2 x 60 menit. Estimasi waktu dalam setahun adalah 40 kali atau 10 bulan, dengan peserta jamaah keberangkatan tahun berjalan ditambah masa tunggu dua tahun. “Bisa dilakukan di KUA yang kini memiliki Gedung Manasik Haji, Aula Kecamatan, Puskesmas atau tempat lainnya,” jelas Kakanwil.

Tampak hadir dalam kesempatan ini Ketua Umum Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) HM Affan Rangkuti, jajaran Kakankemenag Kabupaten/Kota, kepala dinas kesehatan kabupaten/Kota, dan ratusan hadirin lainnya.

Sumber : 
https://www.ihram.co.id/berita/q34i47320/giliran-diy-luncurkan-program-manasik-sepanjang-tahun

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id