#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Kemenag Tepis Isu Buka Pendaftaran Umrah di Daerah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 15 November 2022, 13:29:52

Mujib Roni, Kasubdit Pengawasan dan Pemantauan Umrah dan Haji Khusus.
HIMPUHNEWS
- Sejumlah perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dihebohkan oleh sebuah berita beredar yang menyebut Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penukal Abad Lemantang Ilir (PALI) membuka pendaftaran umrah.

“Alhamdulillah terhitung hari ini, tanggal 14 November 2022, Kantor Kemenag Kabupaten PALI telah membuka bagi masyarakat Kabupaten PALI yang ingin mendaftarkan diri sebagai jemaah umrah. Jadi masyarkat tidak usah bingung dan ragu kalau ingin melaksanakan ibadah umrah kami siap melayani silakan datang langsung,” kata Kepala Kemenag Kabupaten PALI, Deni Priansyah, sebagaimana tercatat dalam berita tersebut.

Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Ibadah Haji Khusus, Mujib Roni pun langsung menepis isu tersebut.

Menurutnya, peran pemerintah dan swasta terkait penyelenggaraan umrah sudah jelas, dan cara bermainnya pun telah diatur dalam regulasi.

"Pertama Kemenag tidak menyelenggarakan umrah. Hanya PPIU berizin saja yang bisa menyelenggarakan umrah. Jadi saya pastikan berita itu keliru," kata Mujib, Selasa (15/11/2022).

Ia menduga, terdapat kesalahpahaman dalam menangkap maksud yang disampaikan Kepala Kemenag Kabupaten PALI pada berita tersebut.

"Saya juga sudah baca sekilas berita itu, dan hemat saya kemungkinan ada salah kutip. Karena kebetulan ada kaitannya dengan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT)," tutur Mujib.

Ia pun menyatakan, bahwa keberadaan PLHUT bukan untuk menerima pendaftaran umrah, tapi bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada para calon jemaah haji dan umrah, termasuk bimbingan manasik.

"Jadi sekali lagi kalau Kemenag membuka pendaftaran umrah, jelas salah," pungkas Mujib.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id