#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Visa Bermasalah, Ratusan Jemaah Umrah Indonesia Tertahan di Bandara Jeddah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 08 Mei 2023, 19:34:07

FotoJet (145).jpg

HIMPUHNEWS - Kantor Urusan Haji Jeddah membenarkan informasi yang menyebut ratusan jemaah umrah Indonesia tertahan di Bandara Jeddah, Arab Saudi.

Muhammad Syafii Hasyim, Tim Penanganan Umrah pada Kantor Urusan Haji Jeddah menyebut, berdasarkan hasil penelusuran di lapangan, jemaah-jemaah itu mengalami masalah validitas visa.

"Yang saya tangani disini itu jumlahnya 116 jemaah yang tertahan. Tapi sebagian sudah tertangani. Setelah dicek, ternyata visa mereka tidak terbaca di sistem Imigrasi Arab Saudi," terang Syafii kepada Himpuhnews, Senin (8/5/2023).

Syafii mengungkapkan, hingga malam ini masih ada sekitar 62 jemaah yang tertahan di Bandara Jeddah, dan semuanya terancam dideportasi jika masalah visa mereka masih belum bisa tertangani.

"Mereka diminta membayar masing-masing $190 untuk biaya visa, bus, dan tasreh raudhah," tutur Syafii.

Lebih lanjut, Syafii menyatakan, bahwa Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meminta agar Indonesia tidak mengirim jemaah bila sistem penerbitan visa masih dalam keadaan down.

"Kalau pun visa nya terbit, pastikan lagi apakah itu sudah terbayar. Karena contoh kasus yang saat ini terjadi, visanya ada tapi ternyata belum terbayar. Dan perlu dicatat, sekarang kuota umrah dibatasi 2.000 jemaah untuk seluruh dunia dalam sehari, kalau sudah penuh, maka tidak akan diterima lagi," pungkas Syafii.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id