#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Abdul Mujib Bahas Psikologi Kepribadian Haji dan Umrah

Kategori : Berita, Ditulis pada : 18 Maret 2021, 15:47:38

Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah Profesional Angkatan V Tahun 2021 hari ke lima kembali dilaksanakan secara virtual via zoom meeting pada Rabu (17/3).

Membahas tentang Psikologi Kepribadian Haji dan Umrah yang disampaikan oleh Abdul Mujib selaku narasumber, dan dimoderatori Iif Fikriyati. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 90 peserta.

Dalam materinya, Abdul Mujib menjelaskan betapa pentingnya psikologi kepribadian bagi pembimbing manasik haji. Ia menyampaikan bahwa peran pembimbing manasik haji ini tentu sangat penting, dan kepribadian pembimbing sangat berpengaruh kepada para jamaah haji.

“Kita disana itu menjadi pelayan, pelayannya para tamu Allah, bukan kita dilayani,” ujar Abdul Mujib.

Profesionalisme juga sangat dibutuhkan disaat menjadi pembimbing, yaitu kualitas kerja, berkompeten dan komitmen pada tugas. Perlu dipahami juga, professional harus sesuai pada etos, etik, budaya dan nilai kerja. “Iman kita harus dilandasi dengan amal, ilmu, dan takwa,” Ujarnya.

Pola spiritual dalam pembimbingan haji juga harus dikuasai. Ia mengatakan pribadi sehat adalah mereka yang tahu ajaran agamanya sebagai sumber kehidupan spiritual dan mampu mengamalkannya dengan penuh keimanan dan ketakwaan.

Abdul Mujib juga menambahkan bahwa sebagai pembimbing jamaah haji, diperintahkan untuk menjadi pendamping haji, bukan mementingkan dirinya untuk haji.

 

(fidkom.uinjkt.ac.id/ICA)

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id