#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Indonesia Terus Komunikasi dengan Arab Saudi Terkait Kepastian Haji

Kategori : Berita, PIHK, Ditulis pada : 19 Mei 2020, 02:18:20

Jakarta (Kemenag) --- Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi terus melakukan upaya komunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan kepastian pelaksanaan Ibadah haji tahun 1441H/2020M. “Kami sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dan juga komunikasi di level yang paling tinggi, yaitu dengan kantor Raja. Dan sampai hari ini, belum ada informasi yang bisa kita dapatkan,” terang Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh saat diwawancari salah satu media televisi nasional, Jakarta, Selasa (19/05).

Menurut Agus, berdasar komunikasi terakhirnya, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh Banten juga masih menunggu pernyataan resmi dari Kantor Raja. “Kantor Raja yang mempunyai otoritas penuh untuk menentukan pelaksanaan haji tahun ini,” kata Agus.

Prioritas pemerintah Arab Saudi  dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini menurut Agus adalah keselamatan Jemaah Haji. Perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi menjadi salah satu pertimbangan pemerintah Arab Saudi membatasi aktifitas di negaranya. “Saudi mempertimbangkan keselamatan nyawa. Dan ini harus diprioritaskan,” kata Agus.

Sebagai gambaran, Agus mengungkapkan kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Arab Saudi saat ini terus meningkat. “Terdapat rata-rata 2.500 lebih kasus baru Covid-19. Total kasus mencapai 57 ribu. Kurvanya terus naik,” ungkap Agus. Hal ini menurut Agus membuat Pemerintah Arab Saudi menutup semua aktifitas di kota. “Bulan Ramadan kali ini semua kota ditutup. Tidak ada aktifitas termasuk di masjid,” kata Agus.  

Agus berharap kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat diperoleh sebelum berakhirnya Bulan Ramadan. “Jika informasi kepastisan ini sudah kami peroleh, maka secepatnya akan kami informasikan kepada Kementerian Agama,” tandasnya.

Sumber : kemenag.go.id
Penulis : Rusydi
Editor : Indah Limy
messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id