#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Berhasil Tangani Masalah Umrah dan Haji Furoda, Kemenag Hadiahkan Pin Emas ke Dua Institusi Polri

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 16 Agustus 2023, 18:58:08

FotoJet (290).jpg

HIMPUHNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) memberikan piagam penghargaan kepada Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat atas keberhasilan mereka menangani masalah umrah dan haji furoda, yang dilakukan PT Naila Syafaah Wisata Mandiri dan PT Al Fatih Indonesia Travel.

Selain piagam, Kemenag juga memberikan penghargaan dalam bentuk pin emas dan cinderamata kepada dua institusi Polri tersebut.

“Penghargaan ini adalah sebuah permulaan dan langkah awal kita dalam melindungi warga negara, serta ungkapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah bekerja luar biasa dalam mengikuti peraturan yang telah ditetapkan," ujar Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Subhan Cholid yang mewakili Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Rabu (16/8/2023) di Jakarta.

"Dengan kerja sama dan semangat serta upaya bersama yang telah dilakukan selama ini, diharapkan ke depannya kita bisa menghasilkan suatu skema untuk melindungi setiap warga, baik jemaah maupun para penyelenggara,” sambungnya.

Subhan mengungkapkan, salah satu penyebab jemaah umrah gagal berangkat adalah banyaknya calon jemaah yang tergiur harga murah dari pihak penyelenggara ibadah umrah.

Kondisi ini juga dipicu oleh panjangnya antrean jemaah haji Indonesia sehingga mendorong masyarakat berbondong-bondong berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah.

“Permasalahan haji dan umrah ini adalah never ending story, selalu ada dinamika yang terjadi di masyarakat. Saat ini, Arab Saudi memang sedang membuka seluas-luasnya penyelenggaraan ibadah umrah, hampir sepanjang tahun bisa ditemukan jemaah umrah Indonesia di sana. Salah satu pemicu terjadinya hal ini adalah karena antrean haji kita yang sangat panjang,” jelas Subhan.

Dengan kehadiran pihak kepolisian, Subhan mengatakan pihaknya sangat terbantu. Ia pun berharap, kasus-kasus yang terjadi dapat memberikan pelajaran kepada masyarakat.

“Kami sangat terbantu, sudah ada hasilnya. Kami harap ini dapat memberikan i’tibar kepada masyarakat bahwa percaya itu baik, tapi asal percaya juga membahayakan. Harapannya lagi, semoga ke depan dapat disiapkan wadah yang konkret agar upaya pencegahan seperti ini dapat lebih digencarkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pati Bareskrim Mabes Polri Brigjen Pol. Arif Rachman mengatakan, penanganan masalah umrah dan haji khusus bersama Kemenag membuktikan bahwa masing-masing Kementerian/Lembaga tidak berjalan sendiri-sendiri.

“Contoh pada kasus PT Al Fatih Indonesia Travel, ada 45 korban penipuan dari pihak jemaah dan kerugian sebesar 4,5 miliar, kepada terpidana juga sudah divonis dua tahun penjara. Hal ini sebagai bukti atau benchmark dimana Undang-Undang kita tetap berlaku serta sinergi antar instansi kita masih berjalan,” jelas Arif.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id