#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Saudi Himbau Masyarakat, Ekspatriat hingga Pengunjung Lakukan Vaksinasi Influenza Musiman

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 13 September 2024, 10:26:30

WhatsApp Image 2024-09-13 at 10.59.06.jpeg

HIMPUHNEWS - Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Kesehatan menghimbau warga negara dan ekspatriat untuk menerima vaksin influenza musiman. Sementara itu, Pemerintah juga meminta para pengunjung khususnya jemaah haji dan umrah untuk melakukan vaksinasi influenza sebelum keberangkatan mereka ke tanah suci.

Dilansir dari saudigazette Jumat (13/09), Warga Negara Saudi dan para ekpatriat dapat memesan jadwal vaksinasi melalui layanan 'Vaksin Influenza Musiman' di aplikasi Sehhaty. Kelompok kesehatan telah mulai menyediakan layanan vaksin influenza musiman dari pusat layanan kesehatan primer di semua wilayah Kerajaan bagi mereka yang memesan melalui aplikasi Sehhaty milik kementerian.

"Kementerian menekankan perlunya dosis vaksin setiap tahun karena virus terus berubah. Kementerian juga merekomendasikan agar orang lanjut usia bersemangat untuk menerima vaksin musiman guna meningkatkan kekebalan mereka terhadap penyakit dan komplikasi infeksi berat," bunyi pernyataan resmi Kementerian Kesehatan.

Kementerian menjelaskan bahwa kelompok yang paling rentan terhadap komplikasi saat terinfeksi influenza musiman adalah mereka yang menderita penyakit kronis; mereka yang mengonsumsi obat-obatan yang melemahkan kekebalan tubuh; mereka yang berusia 50 tahun ke atas; anak-anak berusia antara 6 bulan hingga 5 tahun; wanita hamil, selain itu orang-orang dengan obesitas berat dan mereka yang bekerja di sektor perawatan kesehatan.

Kementerian menekankan bahwa vaksin influenza musiman aman dan perlu diberikan, terutama bagi kelompok tersebut, karena terbukti sangat efektif dalam mengurangi risiko komplikasi penyakit berat, menjangkau perawatan intensif, dan risiko kematian akibat penyakit tersebut.

Kementerian menekankan perlunya dilakukan tindakan pencegahan terhadap influenza musiman seperti melakukan vaksinasi, mencuci tangan dengan baik, menghindari kontak langsung dengan mata dan mulut, menggunakan tisu saat bersin atau batuk, serta menjaga kebersihan tempat. Disebutkan bahwa vaksinasi berperan penting dalam melindungi dari gejala berat dengan tingkat keparahan tinggi, dan vaksin juga melindungi lingkungan keluarga dari kelompok yang paling rentan terhadap infeksi dan komplikasi.

Melalui upaya berkelanjutan, Kementerian Kesehatan berupaya untuk meningkatkan jumlah orang yang divaksinasi, menekan angka infeksi, dan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit akibat influenza musiman.

Vaksin Influenza bagi Jemaah Umrah

Sementara itu vaksinasi influenza juga diminta untuk dilakukan oleh jemaah haji dan umrah yang akan melaksanakan ibadah di tanah suci. Hal ini juga seiring dengan Arab Saudi yang saat ini tengah berada dalam situasi cuaca ekstrem dimana sering terjadi hujan lebat khususnya di dua kota suci Makkah dan Madinah.

 Adapun Vaksin influenza adalah salah satu vaksin yang perlu diberikan kepada setiap jemaah umrah dan haji dari kelompok anak-anak, usia lanjut serta wanita yang sedang hamil. Jenis vaksin ini perlu diberikan pada musim-musim tertentu yang sangat rawan terjadinya penularan penyakit influenza.

Vaksin influenza juga wajib diberikan kepada jamaah yang mempunyai kondisi di bawah ini:

  • Mengidap HIV/AIDS
  • Gagal jantung kronis
  • Asma
  • Mengidap penyakit paru-paru kronis
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Mengalami gangguan metabolik.
messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id