Genap 10 Tahun, Adaptasi tiket.com di Masa Pandemi Bawa Prestasi
Jakarta - Bulan Agustus ini, tiket.com genap 10 tahun berada di industri pariwisata Indonesia. Berbagai pencapaian juga sudah ditorehkan oleh tiket.com selama 10 tahun ada di Indonesia, bagaimana dengan prestasi sepanjang tahun 2021? Di tahun 2021, tiket.com mampu untuk terus melakukan inovasi dan beradaptasi, mengingat pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia. Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa menuturkan bahwa sejak dirintis hingga sekarang, tiket.com terus berupaya menghadirkan segala kemudahan perjalanan bagi konsumen. "Peran tiket.com pun berevolusi menjadi platform online guna mendukung program pemerintah dalam menekan angka laju COVID-19 dan mendorong angka vaksinasi. Langkah ini merupakan testamen bagi komitmen tiket.com dalam revolusi peran di tengah-tengah kondisi industri travel yang sangat sulit saat ini," ungkap Gaery.
Kali ini, pada hari jadinya, tiket.com mengambil tema pokok '10 tahun selalu ada tiketnya!' yang menjadi cerminan motivasi tiket.com untuk terus melakukan berbagai peningkatan guna melayani konsumen sehingga memberikan rasa aman dan nyaman saat dalam perjalanan, termasuk kebutuhan akan tes COVID-19, serta kebutuhan vaksinasi. Gaery menjelaskan, dalam kapasitasnya, tiket.com memiliki teknologi dan infrastruktur untuk memanfaatkan berbagai macam fitur secara optimal. Ragam fitur yang diluncurkan selama ini merupakan fitur-fitur yang paling tepat dalam menangkal segala kecemasan konsumen yang berhubungan dengan perjalanan.
"Popularitas fitur-fitur tersebut di masa pandemi ini pun terbukti dengan 3 fitur berkinerja terbaik pada Q2 2021 kemarin, yaitu fitur tiket PayLater, fitur Hotel + tiket Flexi untuk program Long Stay Package, kemudian tiket To Do untuk pencarian tes COVID-19 serta pendaftaran peserta vaksinasi COVID-19 di sentra tiket.com," ungkap Gaery. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan bagi tiket.com sehingga tiket.com dapat merayakan ulang tahun ke-10. Dirinya juga optimis akan masa depan cerah pariwisata Indonesia. "Dengan tekad bersama-sama bahu-membahu semua pelaku wisata, niscaya kita mampu mengusung kejayaan pariwisata nasional, bahkan ke tingkat yang belum pernah ada sebelumnya," ujarnya. Adapun selama masa pandemi, tiket.com telah menjadi jendela informasi bagi warga Indonesia dengan pembaruan informasi kebijakan pemerintah secara real time perihal syarat perjalanan lintas-kota, lintas-propinsi, hingga lintas-negara.
Online Travel Agent ini juga menjadi pendorong bangkitnya ekonomi pariwisata di berbagai daerah dengan terus mengusung fitur tiket CLEAN, tiket Flexi, asuransi perjalanan Free Protection, Longstay Hotel Package, tiket PayLater, program VACCation Reward, serta jajaran diskon setiap bulan. Selain itu, produk tiket To Do juga berinovasi dengan menghadirkan kemudahan konsumen untuk mencari lokasi untuk test COVID-19 terdekat, serta registrasi vaksinasi di sentra vaksinasi tiket.com.
Kemudian, tiket.com juga menjalin kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna mempromosikan pariwisata nasional dengan mendukung kampanye #DiIndonesiaAja, serta memberikan workshop yang menadi wadah untuk berdialog secara interaktif dengan para pelaku wisata khususnya di 5DSP, dalam mengoptimalkan penggunaan platform digital.
Performa bisnis tiket.com pada Q2 2021
tiket.com mencetak prestasi di masa pandemi saat ini. Pada Q2 2021 tiket.com mencatat kinerja bisnis terbaik semenjak pandemi mulai tahun lalu. Transaksi di semua lini produk unggulan meroket rata-rata 700% bila dibandingkan dengan periode Q2 2020. Hal ini menandakan berwisata atau jalan-jalan adalah salah satu kebutuhan primer yang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Pariwisata juga menjadi salah satu tanda-tanda pertumbuhan ekonomi, karena pada periode yang sama, perekonomian pun tumbuh sekitar 7 persen. Lebih lanjut, pada Q2 2021, angka transaksi tiket pesawat meningkat 400%, transaksi akomodasi terdongkrak 600 persen, serta transaksi hiburan dan travel essentials di tiket To Do menanjak 1.100%. Selain itu, angka unduh tiket.com pun meningkat 2,5 kali lipat bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.
3 Penghargaan
Perayaan ulang tahun ke-10 tiket.com juga dibarengi dengan prestasi perusahaan dalam mendapatkan tiga penghargaan, yaitu HRAsia Best Company to Work For in Asia 2021 (2 tahun berturut-turut), HRAsia Most Caring Companies Awards 2021 untuk pertama kalinya, serta peringkat ke-5 perusahaan berpredikat Happiness Index 2021 dengan total scoring 4,55. tiket.com juga menjaga kelangsungan kesejahteraan karyawannya yang kerap disapa t-fam selama masa pandemi ini dengan tidak adanya pemotongan gaji dan pemutusan hubungan kerja. Selain itu, tiket.com juga memberikan fasilitas Flexi Wallet yang dapat digunakan oleh karyawan untuk hobi, edukasi, wellness, top-up medical needs, vacation, serta berbagai kebutuhan pekerjaan. Kemudian, tiket.com memberikan dukungan sepenuhnya bagi t-fam untuk mengembangkan bakat untuk personal growth melalui rangkaian program virtual dari Udemy dan Coursera. T-fam dapat mengambil sebanyak-banyaknya jenis course sesuai keinginan hati dan personal goal masing-masing.
Setiap bulannya, tiap karyawan memiliki data progress untuk memonitor keaktifan dalam mengikuti kelas virtual tersebut. Selain itu, tim people juga menginisiasi program-program dan terus menyempurnakan Employer Experience yang menyangkut setiap aspek pengembangan sumber daya manusia, mulai dari recruitment proses hingga karyawan menjadi alumni, sehingga setiap karyawan akan mendapatkan pengalaman terbaik saat berkarir di tiket.com.
Chief People Officer tiket.com, Dudi Arisandi, menyampaikan sebagai perusahaan dinamis di industri pariwisata, tiket.com selalu berupaya untuk menjadi perusahaan yang people-centric. Karena tiket.com memandang t-fam sebagai prioritas utama agar dapat bersama-sama maju mensejahterakan Indonesia melalui industri pariwisata. "Dengan core value HAPPY (Hunger, Agile, People-oriented, Performance driven, dan Yourself), tiket.com terus meredefinisikan dan memperkuat makna bekerja dan berkarya dengan kejujuran dan transparansi, sehingga budaya HAPPY tiket.com pun terus terpancar dalam operasional perusahaan sehari-hari," tuturnya.
Gebyar Promo Diskon DEKADE
Dalam perayaan satu dekade tiket.com, VP Brand Marketing tiket.com, Maria Risa Puspitasari, mengajak konsumen untuk segera memanfaatkan promo diskon heboh ini untuk rencana perjalanan di masa mendatang ketika sudah aman bepergian dan berwisata. Menurutnya, fokus utama tiket.com adalah turut mendorong angka kunjungan wisatawan Indonesia ke beragam destinasi domestik agar dunia travel Indonesia dapat segera bangkit dan pulih kembali. "Terbukti bahwa promo yang digelar oleh tiket.com sangat efektif dalam mendorong angka kunjungan ke destinasi wisata di Indonesia, sehingga para pelaku wisata dapat tetap mencari nafkah di tengah kondisi sulit seperti saat ini," kata Maria.
Berlangsung selama 8 hari penuh (10 hingga 17 Agustus 2021), diskon DEKADE mencapai 50% + ekstra diskon hingga Rp 1 juta untuk semua fitur tiket.com tanpa terkecuali, mulai dari pembelian tiket pesawat, kereta api, menginap di hotel, tiket Homes, tiket To Do, hingga layanan jasa sewa kendaraan.
Secara detail, skema diskon DEKADE adalah sebagai berikut :
- Diskon hingga Rp 310.000 untuk pembelian tiket pesawat Sriwijaya Air, NAM Air, Batik Air, Citilink, Garuda, dan Super Air Jet.
- Diskon hingga Rp 60.000 untuk pembelian tiket kereta api semua destinasi.
- Diskon hingga 50% dan tambahan diskon hingga Rp 1 juta untuk semua jenis penginapan, termasuk hotel dan akomodasi non-hotel.
- Diskon hingga 20% + ekstra diskon hingga Rp 1 juta untuk semua produk yang tersedia di dalam fitur tiket TO DO, termasuk tes Covid-19.
- Diskon hingga Rp 340.000 untuk penyewaan mobil di seluruh Indonesia untuk semua jenis mobil.
- Diskon hingga Rp 140.000 untuk layanan jasa car transfer di bandara domestik atau stasiun kereta api.
"Walaupun proses vaksinasi tengah berjalan, kami tetap mengajak masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik selama dalam perjalanan atau tengah berwisata. tiket.com turut mengajak masyarakat untuk selalu merencanakan liburan dengan matang, agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati," tutup Risa. (travel.detik.com/mul/ddn)
Mohon untuk memberikan komentar dengan jelas, sopan, dan bijaksana
Segala tulisan di ruang publik dapat meninggalkan jejak digital yang sulit dihilangkan
Segala tulisan yang memberikan sentimen negatif terkait SARA, ujaran kebencian, spamming, promosi, dan berbagai hal yang bersifat provokatif atau melanggar norma dan undang-undang dapat diproses lebih lanjut sesuai undang-undang yang berlaku