#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Memahami Pentingnya Toko Online Dari Perjalanan Brodo

Kategori : Motivasi, Ditulis pada : 17 Februari 2020, 02:10:14

Pernah mendengar brand Brodo? Brand sepatu khusus pria yang satu ini menjadi primadona karena memiliki model yang menarik dan kualitas yang memuaskan. Menariknya, Brodo merupakan produk lokal yang kini berhasil menembus pasar global. Padahal, awalnya pendiri Brodo hanya memiliki modal 7 juta untuk memulai usahanya, lho!

Dilansir dari CNN Indonesia, Yukka mengaku jika membangun toko online sendiri adalah salah satu kunci kesuksesan bisnisnya. Pemasaran online ia pilih sebagai jalur pemasaran utama setelah sebelumnya mencoba menjual produk melalui kerjasama retail dengan The Goods Dept dan juga membuka offline storenya sendiri.

Saat bekerja sama dengan The Dept Store, penjualan Brodo memang meningkat tajam. Namun, Yukka tidak menemukan eksistensi Brodo sebagai sebuah brand yang berdiri sendiri. Pun demikian saat menerapkan konsep offline store, Yukka mengaku kurang puas dengan tingkat penjualan dan jangkauan pasar yang didapatkan.

Di tahun 2012, Brodo mendapatkan investor baru, Remco Lupker. Berdasarkan arahan Remco inilah Brodo mencoba menjajaki internet sebagai media pemasaran. Remco yang juga pendiri TokoBagus.com (sekarang dikenal dengan OLX.co.id) meyakinkan Yukka dan Putera jika pemasaran lewat Facebook dan BBM akan menemui titik jemu sehingga diabaikan calon konsumen. Oleh karena itu, perlu adanya toko online pribadi sebagai media penjualan. Sedangkan Facebook dan BBM hanya dijadikan sebagai media komunikasi dan membantu promosi.

Yukka kemudian menyadari akan ada peluang besar jika ia memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Yukka mulai mencoba belajar internet marketing dengan menyisihkan keuntungan penjualan sebagai modal beriklan di Facebook.

Benar saja, usai beriklan di Facebook, penjualan Brodo meningkat tajam. Yukka dan Putera kemudian makin serius memasarkan produk melalui internet. Puncaknya, Brodo mengakhiri kerjasama dengan The Dept Store dan memilih memasarkan produknya sendiri secara online.

Brodo makin berkembang usai memiliki toko online untuk memasarkan produknya. Keberadaan toko online ini juga ditunjang dengan adanya toko fisik sebagai galeri produk. Pengunjung yang datang ke toko fisik bisa melihat contoh barang secara langsung. Namun, pelanggan tetap saja harus membeli secara online untuk mendapatkan produk Brodo.

Sukses berbisnis sepatu kulit dengan sistem toko online, kini Yukka dan Putera mampu menjual lebih dari 7000 pasang sepatu setiap bulannya. Mereka juga berhasil mempekerjakan lebih dari 138 karyawan dan mengantongi omzet ratusan juta setiap bulannya.

Kisah sukses Brodo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis UKM untuk segera membangun toko online. Melalui toko online, pelaku bisnis nantinya bisa dengan mudah mengetahui informasi pelanggan, melakukan pencatatan orderan dengan lebih detail, update stock secara realtime, dan memberikan pengalaman belanja yang lebih mudah serta menyenangkan.

Apabila kamu tertarik mengikuti jalan sukses Brodo dengan membangun toko online tapi masih bingung bagaimana cara memulainya, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba membangun toko online dengan sangat mudah dengan bantuan Toko Digital dari Telkomsel myBusiness. Toko Digital akan membantumu memiliki toko online pribadi dengan fitur ala toko online profesional sehingga memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan. Toko Digital akan membantumu melakukan periklanan dengan lebih mudah dan juga meningkatkan rasa kepercayaan konsumen.

-|himpuh|-

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id