#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Terjun ke Lokasi Gempa Cianjur, Himpuh Langsung Salurkan Bantuan di Pengungsian

Kategori : Kegiatan, Topik Hangat, Ditulis pada : 27 November 2022, 19:02:03

FotoJet - 2022-11-27T185845.739.jpg

HIMPUHNEWS - Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) telah bergerak menyalurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur, pada Minggu (27/11/2022).

Titik penyaluran bantuan tersebut berpusat di Pondok Pesantren Daarul Hijrah II, Kecamatan Cugeunang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Alhamdulillah proses penyaluran bantuan bisa terlaksana dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Para pengungsi menyampaikan ucapan salam dan terimakasihnya kepada Anggota dan Pengurus Himpuh yang telah memberikan donasinya," kata Tim Himpuh yang bergerak di lapangan.

Tim ini mulai berangkat dari Jakarta menuju lokasi pada pada pukul 20.00 WIB selepas Isya. Namun mereka mengaku baru bisa tiba di lokasi pengungsian pada pukul 04.00 pagi.

"Jadi kita menunggu kondisi aman dulu, karena kalau kita paksakan langsung masuk ke lokasi khawatir ada hadang di jalan seperti banyak kejadian sebelumnya. Kita baru bisa jalan ke titik pendistribusian sekitar pukul 03.00," ungkap tim ini.

FotoJet - 2022-11-27T185927.458.jpg

Total donasi yang berhasil dikumpulkan oleh Himpuh sebesar Rp39.950.069. Dana tersebut langsung dibelanjakan sesuai dengan logistik yang dibutuhkan para korban, seperti terpal, sarung, selimut, bahan makanan, obat-obatan, dan sebagainya.

"Jadi kita sudah ada tim lapangan yang mendata kebutuhan para pengungsi sebelumnya. Titik yang kita salurkan ini kebetulan salah satu lokasi yang belum banyak tersentuh bantuan," jelasnya.

Menurut hasil analisa di lapangan, para korban sejatinya tidak hanya membutuhkan bantuan materil, namun juga sentuhan psikis untuk memulihkan trauma akibat gempa.

"Bahkan sebagian santri disana memilih mengungsi ke Jakarta karena trauma atas musibah ini. Tentu kedepan kami akan mengupayakan untuk mengirimkan Ustad atau Psikolog yang dapat memotivasi mereka agar tetap optimis dan semangat melanjutkan kehidupan," tuturnya.

Himpuh juga menyampaikan terimakasih atas kesediaan para Anggota yang ikut terlibat mendonasikan sebagian harta mereka untuk meringankan beban korban gempa Cianjur.

"Kami juga secara khusus mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim yang terjun langsung ke lapangan dan memastikan bantuan tersampaikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," pungkasnya.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id