#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Ini Sejumlah Fakta Menarik Tentang Jabal Abu Qubais, Bukit Pertama yang Diciptakan Allah di Bumi

Kategori : Khazanah, Destinasi, Ditulis pada : 09 Maret 2023, 12:02:36

FotoJet (28).jpg

HIMPUHNEWS – Jabal Abu Qubais atau Bukit Abu Qubais yang terletak di sebrang Ka'bah dekat dengan Gunung Safa, ternyata memiliki fakta menarik yang tak banyak diketahui publik. Bukit ini juga sebagai salah satu tempat yang masih sering dikunjungi peziara ketika berada Makkah.

Sekarang, Gunung Abu Qubais berganti menjadi bangunan Istana Raja Arab Saudi yang tinggi dan megah. Dilansir dari Lifeinsaudiarabia, berikut beberapa fakta mengenai Jabal Abu Qubais.

Berikut ini Sejumlah fakta menarik tentang Jabal Abu Qubais:

1. Omar Mahmood menulis dalam bukunya berjudul 'Muhammad, an Evolution of God' bahwa gunung pertama yang diciptakan oleh Allah SWT adalah Gunung Abu Qubais.

2. Ketika Nabi Adam AS diberi tugas untuk membangun Ka'bah Suci, dia mengambil batu dari gunung itu sendiri. Maka Ka'bah Suci yang dibangun di bumi pertama kali menggunakan batu pondasi dari gunung Abu Qubais.

3. At Tabari percaya bahwa Nabi Adam AS menghembuskan nafas terakhirnya di kaki gunung Abu Qubais dan karenanya dimakamkan di sana. Omar Mahmood menulis dalam bukunya 'Muhammad, an Evolution of God' bahwa Nabi Adam dimakamkan di dekat Jabal Abu Qubais.

4. Allamah Muhammad Baqir Al-Majlisi menulis dalam bukunya Hayat Al Qulub, Vol. 1, Kisah Para Nabi bahwa Nabi Ibrahim berdiri di gunung Abu Qubais dan meminta orang untuk percaya kepada Allah dan tidak menyembah siapa pun selain Allah.

5. Selama era Nabi Nuh pula Allah SWT menurunkan banjir terhadap orang- orang kafir. Untuk melindungi batu suci tersebut, Hajar Aswad disimpan di gunung Abu Qubais. Hal itu juga dikutip Syaikh Abdullah dalam bukunya, Biografi Nabi Muhammad SAW.

6. Ali bin Abu Thalib dipercayakan dengan tanggung jawab untuk mengembalikan semua barang yang telah diberikan Quraisy kepada Nabi Muhammad untuk disimpan setelah Hijrahnya ke Madinah. Ali kemudian mendaki Gunung Abu Qubais untuk memberikan pengumuman.

7. Orang-orang kafir meminta Nabi untuk membelah bulan menjadi dua bagian, baru setelah itu mereka beriman kepada Allah SWT. Dikatakan bahwa Nabi berdiri di atas atau di dekat gunung Abu Qubais dan meminta Allah SWT untuk memberikan keajaiban.

Allah SWT kemudian membuat bulan purnama terbelah menjadi dua. Satu setengah melayang di atas gunung Abu Qubais. Hal itu juga dikutip oleh Yoel Natan tulis dalam bukunya Moon-o-theism.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id