Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus

Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus

2020, Himpuh Akan Mubes di Istambul Turki

Kategori : Kegiatan, Ditulis pada : 22 Februari 2020, 10:16:26

Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) telah menggelar musyawarah kerja (Muker) di Bogor, Jawa Barat. Asosiasi terbesar di Indonesia ini melangsungkan Muker pada tanggal 17-19 Semptember 2019, pekan kemarin. Sejumlah persoalan aktual terkait perkembangan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah dibahas dalam forum tahunan ini.

Informasi yang dihimpun media rindukabah.id, tema yang diusung dalam Musyawarah Kerja Himpuh terutama masalah digitalisasi umrah. Digitalisasi umrah dianggap dapat mengancam keberlangsungan perusahaan travel umrah dan haji khusus.

“Kemudian dari keorganisasian, Alhamdulillah Himpuh sangat liquid didalam keuangan dan juga kemarin dari laporan Ketua Umum Himpuh sudah menjelaskan hasil-hasil kerja dalam satu tahun itu luar biasa, banyak hal yang sudah dicapai,” kata Sterring Comitte Musyawarah Kerja Himpuh, H. Muhammad Wahyudi kepada rindukabah.id

Dalam satu tahun terakhir ini, Himpuh berjuang keras menolak pelaksanaan rekam biometrik VFS yang dianggapnya sangat menyulitkan jamaah yang akan menunaikan ibadah umrah. Jamaah yang berasal dari daerah sangat kesulitan bilamana harus melakukan rekam biometrik, mengingat alat biometrik hanya tersedia di beberapa titik dan itupun hanya di kota besar.

Kemudian kita juga berusaha kepada pemerintah untuk mengeluarkan UU No 8 tahun 2019. Kemudian Himpuh juga mengadakan famtrip dan lain sebagainya. “Jadi kesepakatan berikutnya Insya Allah Himpuh akan melaksanakan musyawarah besar di Istambul Turki tahun 2020. Ini akan dilaksanakan setelah musim haji, mudah-mudahan ini sukses seluruh acaranya dan berjalan dengan lancar,” jelas Wahyu.

Selanjutnya, Himpuh juga berharap ke Kementerian Agama RI bisa mempercepat pelunasan haji. Diharapkan pada bulan November dan Desember 2019 ini bisa dipercepat proses pelunasan hajinya.

“Sehingga kami harapkan di Januari itu sudah dapat dipastikan untuk penentuan maktab, hotel dan lain sebagainya. Intinya kita harapkan pelunasan haji khusus ini lebih cepat lebih baik. Tidak harus menunggu keputusan dari DPR karena ada kekususan dalam haji khusus itu,” tuturnya.

Sumber : 
https://rindukabah.id/2020-himpuh-akan-mubes-di-istambul-turki/

built with : https://erahajj.co.id