Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus

Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus

Kemenag Sulteng Bekali Manasik untuk Calhaj Sepanjang Tahun

Kategori : Berita, Ditulis pada : 21 Januari 2020, 12:25:59
Manasik haji untuk calhaj di Sulteng digelar sepanjang tahun agar lebih terlatih, Foto ilustrasi manasik haji.
Manasik haji untuk calhaj di Sulteng digelar sepanjang tahun agar lebih terlatih, Foto ilustrasi manasik haji.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Tengah terus melakukan perbaikan dalam pembinaan jamaah haji. Salah satu yang dilakukan adalah mengadakan program manasik sepanjang tahun.  

 

"Pembinaan dilakukan terus, salah satunya dengan manasik sepanjang tahun. Manasik ini tidak selalu menunggu anggaran dari pusat," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulteng Lutfi Yunus dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (23/12).  

Dia menyebut saat ini jadwal manasik yang diberikan kepada jamaah haji di Kankemenag Kabupaten/Kota sebanyak dua kali. Selain itu manasik di Kantor Urusan Agama (KUA) sebanyak delapan kali. 

Selain jadwal tersebut, Kanwil Kemenag Sulteng melakukan inovasi sendiri. Manasik di luar jadwal yang sudah ditentukan dilakukan untuk menambah pengetahuan jamaah haji.  

Kanwil tersebut mempersiapkan manasik dengan membagi jamaah berupa kluster-kluster tertentu. Di antaranya kategori jamaah lansia, jamaah sehat, dan jamaah dengan risiko tinggi (risti). Kegiatan manasik dilakukan secara terpisah antar kelompok. 

"Khususnya jamaah lansia dan risti, kita sampaikan materi dengan kalimat dan bahasa yang berbeda. Dibedakan dengan jamaah yang segar bugar, termasuk pengaturan waktu dan tempat duduk," lanjut Lutfi.  

Jamaah haji risti atau lansia diketahui tidak mampu berlama-lama duduk dibanding yang usia muda. Maka Kanwil Kemenag menyiapkan beberapa strategi di antaranya melakukan jemput bola. 

Manasik sepanjang tahun yang dilakukan Kanwil ini tidak hanya kepada jamaah haji yang akan akan berangkat pada tahun berjalan saat itu. 

Jamaah yang masuk dalam daftar tunggu pun bisa mendapatkan pembinaan manasik. Selain itu petugas ibadah haji mulai dari provinsi sampai kecamatan juga mendapatkan fasilitas ini. 

Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kemenag Sulteng, Arifin, menyebut program pembinaan manasik sepanjang tahun ini telah diluncurkan sebelumnya oleh Direktur Bina Haji Kemenag Khorizi pada 15 Desember 2019. 

Dia juga menyebut pembinaan secara resmi melalui KUA dan Kemenag sebagaimana dianggarkan pada Pengelolaan Keuangan Operasional Haji (PKOH) belum dilakukan. Hal ini menunggu penetapan jamaah berhak lunas. 

"Meski demikian, kegiatan mandiri atau kelompok jamaah estimasi 2020 terus berjalan didampingi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag yang memiliki kompetensi di bidang manasik," ucapnya. 

Provinsi Sulawesi Tengah setiap tahunnya mendapatkan kuota jamaah sebanyak 2.000 orang. Pada pelaksanaan haji 2019 kemarin mendapat tambahan kuota jamaah sejumlah 250 orang.   

Sumber : 
https://www.ihram.co.id/berita/q2z96g320/kemenag-sulteng-bekali-manasik-untuk-calhaj-sepanjang-tahun

built with : https://erahajj.co.id