#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan setara Berhaji dengan Rasulullah SAW

Kategori : Khazanah, Ditulis pada : 14 Maret 2024, 17:11:35

begini-suasana-salat-idul-fitri-di-masjidil-haram-5_169.jpeg

HIMPUHNEWS -Umrah merupakan ibadah yang diperintahan Allah SWT dan diajarkan oleh para Rasul. Berbeda dengan haji, umrah bebas dilakukan kapan saja. Akan tetapi, terdapat keutamaan jika umrah pada bulan Ramadhan.

Umrah sendiri memiliki beberapa keutamaan, salah satunya menghapus dosa antara umrah sebelumnya dengan sekarang. Pernyataan tersebut terdapat pada hadits riwayat Abu Hurairah RA.

"Nabi SAW bersabda, dari umrah sebelumnya ke umrah sekarang, akan dapat melebur dosa dan kesalahan pada jarak waktu antara kedua umrah tersebut."

Adapun keutamaan umrah pada bulan Ramadhan adalah setara ibadah haji. Hal ini bersandar pada hadits shahih dari Ibnu Abbas RA :


قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِامْرَأَةٍ مِنَ الْأَنْصَارِ… ” مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّينَ مَعَنَا ؟ ” قَالَتْ : كَانَ لَنَا نَاضِحٌ فَرَكِبَهُ أَبُو فُلَانٍ وَابْنُهُ – لِزَوْجِهَا وَابْنِهَا – وَتَرَكَ نَاضِحًا نَنْضَحُ عَلَيْهِ. قَالَ : ” فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِي فِيهِ ؛ فَإِنَّ عُمْرَةً فِي رَمَضَانَ حَجَّةٌ”

Rasulullah ﷺ berkata kepada seorang perempuan dari Kaum Anshar…, “Apa yang menghalangimu untuk menunaikan haji bersama kami?” Perempuan itu berkata, “Dahulu kami memiliki seekor unta yang selalu digunakan oleh ayah fulan dan anaknya, maksudnya adalah suami dan anak dari perempuan itu, kemudian dia membiarkan unta tersebut untuk mengangkut air. Beliau ﷺ berkata, “Apabila datang Ramadhan, laksanakanlah umrah karena umrah pada bulan Ramadhan seperti ibadah haji” (HR Bukhari no 1657)

Dalam riwayat lain Nabi SAW bersabda:


أَنَّهَا تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِي

“Bahwa umrah pada bulan Ramadhan setara haji bersamaku.” (HR Abu Dawud no 1990)

Berdasarkan hadits di atas, benar adanya bahwa umrah Ramadhan setara dengan ibadah haji. Bahkan umrah pada Ramadhan seolah ibadah haji bersama dengan Rasulullah SAW.

Namun perlu diperhatikan, walau ibadah umrah pada bulan Ramadhan setara dengan haji, itu tidak serta-merta menggugurkan kewajiban ibadah haji bila yang bersangkutan sebelumnya belum pernah beribadah haji. Sebab umrah Ramadhan setara dengan haji dalam pahalanya saja.

Hal ini dijelaskan Ibnu Hajar al-Asqalani dalam karyanya Fath al-Bari:


أَنَّ الْعُمْرَةَ فِي رَمَضَانَ تَعْدِلُ الْحَجَّةَ فِي الثَّوَابِ لَا أَنَّهَا تَقُومُ مَقَامَهَا فِي إسْقَاطِ الْفَرْضِ لِلْإِجْمَاعِ عَلَى أَنَّ الِاعْتِمَارَ لَا يُجْزِئُ عَنْ حَجِّ الْفَرْضِ

Bahwa umrah Ramadhan itu setara haji dalam pahalanya saja, bukan berarti umrah dapat menggantikan haji sehingga kewajiban haji dapat gugur karena ulama telah sepakat (ijma) bahwa umrah tidak dapat menggugurkan kewajiban haji.” (Ibnu Hajar al-Asqalani, Fathul Bari, juz 3, hlm 604)

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id